Posted by: alimtiaz | January 2, 2014

WELCOME 2014

Baru saja kita melewati tahun 2013 dan memasuki tahun 2014. Barangkali moment ini adalah bagian gemilang dari perjalanan hidup kita. Atau bisa jadi sebaliknya, merupakan bagian yang “kurang” enak dari sejarah hidup kita. Whatever lah, yang penting saat ini sudah memasuki tahun baru. Adalah kesempatan bagi kita semua untuk memperbaiki segala sesuatunya. Yang belum tercapai di 2013, maka saat ini harus tercapai. Yang belum dilaksanakan pada 2013, maka tahun ini harus dilaksanakan. Begitu seterusnya. Sehingga perbaikan yang dilakukan secara terus meneurus akan meningkatkan kualitas kita. Lalu pertanyaannya adalah apa resolusi kita di tahun 2014 ini?

Perayaaan pergantian tahun baru adalah ritual tahunan yang mendunia. Di seluruh penjuru dunia “pasti” merayakan moment pergantian tahun baru ini. Mulai bagian paling timur dunia ini, terus menuju bagian barat. Di Indonesia, ada tiga wilayah yang berbeda dalam perayaan tahun baru ini. Indonesia bagian timur, tengah, dan barat. Masing-masing berbeda satu jam. Aku mengamati perayaan tahun baru di Indonesia cukup meriah dan ramai. Tiupan terompet di sepanjang jalan. Letusan petasan ada dimana-mana. Hampir seluruh jalan protocol di setiap kota macet. Begitu juga tempat wisata luar biasa ramai. Di Jogja, salah satu tempat favorit perayaan tahun baru, begitu kata temanku yang berasal dari Jakarta, ramai-padat-macet. Hampir seluruh jalan utama macet. Juga beberapa tempat wisata dipenuhi lautan manusia. Entah berapa orang yang merayakan tahun baru di Jogja, pastinya sangat banyak. Aku pernah merayakan tahun baru dan ikut beramai-ramai macet di jalan. Tetapi semenjak itu, tidak pernah lagi. Malessh macet-macet. Kemarin tahun baruan aja aku di kos. Bersama dengan sang “kekasih”, pujaan hatiku. I Love U full kasihku. Hahaa.. ehm ehmmm… Aku melihat semua bahagia. Semua senang. Semua merayakan dengan penuh suka-cita. Semua bersemangat sekali menantikan tahun baru 2014. Tetapi pertayaannya, apakah kita akan melewati tahun 2014 ini juga dengan penuh semangat seperti ketika menyambutnya?

Yang paling penting menurutku dalam menyambut tahun baru ini adalah menyusun rencana dan target, mana yang prioritas, untuk setahun kedepan. Kita mau ngapai aja sih tahun ini. Apa yang ingin dicapai. Akan lebih baik jika dibuat lebih detail per-bulan dan bahkan per-minggunya. Sehingga kita sudah mempunyai  grand-plan untuk satu tahun kedepan. Apakah sebagai mahasiswa, sebagai manajer perusahaan, sebagai ayah dan suami, sebagai anak, dan status-status lainnya. Dengan demikian hidup kita ini lebih jelas mau diarahkan kemana. Dan yang ga kalah pentingnya adalah eksekusinya. Pelaksanaannya. Bisa jadi dalam perjalanannya nanti ada perubahan-perubahan. Ini adalah niscaya. Keadaan yang kadang menuntut kita untuk melakukannya. Yang penting adalah konsisten. Konsistensi akan sangat dibutuhkan dalam melaksanakan semua rencana kita. Lalu pertanyaannya adalah sudahkan kita menyusun rencana dan target untuk 2014?

Selamat merayakan tahun baru 2014. Selamat menyambut tahun 2014. Mari kita jadikan 2014 sebagai sejarah hidup kita yang tak terlupakan. Lakukan sesuatu untuk kita, keluraga, dan bangsa ini…!!!  


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: