Posted by: alimtiaz | December 20, 2011

Welcome to Malaysia (Part I)…

Pergi ke luar negeri, siapa sih ga mau. Ya begitulah  kurang lebih asumsi orang banyak. Alhamdulillah aku baru saja menunaikannya, walaupun hanya ke pulau Penang, Malaysia, yang notabanenya negara tetangga. Tapi tetap aja kan namanya luar negeri.^_^ Sekitar sebulan yang lalu aku sudah disuruh oleh Ama-Ine untuk membuat paspor. “Suatu saat pasti kamu akan membutuhkannya”, gitu kata my father. Apalagi kalau adan rencana untuk melanjutkan studi S2 ke luar negeri. So, pasti dipakailah nantinya…  Paspor itu berfungsi sebagai surat identitas seseorang yang pergi ke luar negeri. Surat keterangan ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Mau ke luar negeri, bikin paspor dulu…

Tujuan utamaku ke Malaysia adalah menemani bokap berobat. Beberapa bulan yang lalu, beliau dioperasi (kecil) dan diminta untuk kembali untuk melakukan check-up, untuk melihat perkembangan setelah operasi. Sejauh mana perubahan dan perkembangannya. Sebelumnya bokap pergi ke Malaysia bersama ibuku. Dan sekarang giliranku yang diajak menemani beliau. Karena memang ibu sibuk dengan jam belajarnya yang sangat banyak. Ayo guys kita berangkat…

Seminggu sebelum keberangkatan, tiket sudah berada di tanganku. Aku akan berangkat pada hari Senin, 06 Desember 2011 pada pukul 13.00 dengan pesawat FireflyZ melalui bandara internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh. Dan akan kembali lagi hari Rabu, 08 Desember 2011. Waktu yang sangat singkat memang, hanya 2 hari saja. Ketika mengambil tiket, petugas travel berpesan kepadaku agar datang 2 jam sebelum keberangkatan. Karena ini adalah penerbangan internasional, antar dua negara. Kalau penerbangan domestik biasanya sih 1 jam ga masalah. Pun nant sebelum keberangkatan akan ada pemeriksaan ektra ketat. Sehingga butuh waktu lebih lama sebelum keberangkatan.

Tidak ada persiapan khusus untuk keberangkatan ini. Aku hanya mempersiapkan pakaian untuk 3 hari di sana. Dan satu lagi yang tidak boleh lupa, kamera. Hahaha… Barang ini menjadi penting karena, … ya kalian tau lah, tuk kenang-kenangan, be’gaya, belajar photographer (maklum baru punya kamera “serius”), dan lain-lain. Tapi kalau aku lebih untuk belajar sih. Karena baru membeli kamera jenis LSR gitu lah. Hehe… ah masa’ sih cuma wat belajar? Biaya ke Malaysia pun relatif murah bila dibandingkan penerbangan domestik ke Jakarta atau Yogyakarta. Bahkan pada saat tertentu bisa setengah harga… So, tidak heran bila masyarakat Aceh yang pergi berobat ke pulau Penang lebih banyak dibandingkan dengan ke Jakarta. Di samping itu, menurut penuturan yang pernah berobat di pulaun penang, pelayanan di sana relatif lebih baik dibandingkan di dalam negeri. Hm, are you sure?

Ini adalah pengalaman pertamaku ke luar negeri, Penang, Malaysia. Tidak ada sedikitpun banyangan tentang Penang di kepalaku. Mungkin bila berangkat seorang diri, akan ada banyak masalah  yang aku hadapi. Yang ada di pikiranku adalah berangkat saja lah dulu. Kan ada Babeh nant. Hehehe… Makasih ya Babeh dah ngajak aku jalan-jalan! Malaysia adalah negera tatangga yang jaraknya sangat dekat dengan Aceh. Dengan perjalanan pesawat kurang lebih 90 menit sudah cukup untuk sampai di sana. Sejauh pengamatanku, perseteruan Indonesia-Malaysia selama ini tidak menghalangi masyarakat Aceh untuk pergi ke Malaysia. Malahan, tampaknya masyakat Aceh sudah menganggap Malaysia sebagai tempat yang cukup nyaman untuk dikunjungi. Tidak sedikit juga mahasiswa yang berasalah dari Aceh yang tengah menuntut ilmu di sana. Semoga suatu saat aku bisa mewujudkannya jugaa.. . amin.

Akan ada banyak cerita tentang pulau penang pada paragraph selanjutnya. So, tunggu saja cerita selanjutnya… it will come soon!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: